Pengantar

SEJARAH SINGKAT

Program Studi Magister Manajemen Universitas Lampung merupakan salah satu program studi Strata-2 Fakultas Ekonomi yang dikembangkan oleh Universitas Lampung.  Rencana pembukaan Program Studi Magister Manajemen Universitas Lampung berawal pada Agustus 1998 dengan dibentuknya Tim Penyusun Proposal di bawah arahan Dekan Fakultas Ekonomi  Universitas Lampung, Dr. H.M. Faddel Djauhar, SE, dengan anggota: Dr. H. Satria Bangsawan, SE, M.Si.; H. Asep Unik, SE, ME ; H. Toto Gunarto, SE, MSi. (PD I); Nurdiono, SE Akt. (PD II); H.M. Syatibi, SE (PD III).  Pembukaan Program Pascasarjana Program Studi Magister Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Lampung menjadi kenyataan, dengan ditandai  terbitnya Surat  Keputusan  Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi No.87/DIKTI/Kep/2000  tertanggal 14 April 2000.

Pada awal pendiriannya, program MM FE UNILA menawarkan tiga konsentrasi yaitu (1) Manajemen Keuangan, (2) Manajemen Pemasaran,  (3) Manajemen Sumber Daya Manusia, yang keseluruhannya dapat ditempuh dalam 4 catur wulan hingga 8 catur wulan (paling lambat) tidak termasuk cuti mahasiswa.  Berdasarkan evaluasi kebutuhan masyarakat, pada tahun 2005 telah dikembangkan konsentrasi Manajemen Pemerintahan dan Keuangan Daerah dan  pada tahun tahun 2007 dibuka konsentrasi Akuntansi Pemerintahan yang bekerja sama dengan Dep. Keuangan pada tanggal 31 Agustus 2007 S.K Ijin Penyelenggaraan Program Studi Magister Manajemen FE Unila dengan Nomor 118/DIKTI/KEP/2007 diperbaharui.  Pada tanggal 24 Desember 2007 Program Studi Magister Manajemen mendapatkan sertifikasi ISO 9001:2000 tentang Sistem Manajemen Mutu di bidang pendidikan.

Dengan telah terbitnya SK Ditjen Dikti tersebut,  secara kelembagaan program MM FE UNILA semakin termotivasi untuk melakukan pembenahan secara akademik dan keuangan.  Pada tahun 2003, pengelola program MM FE UNILA berinisiatif untuk mengajukan permohonan akreditasi pada BAN PT Nasional untuk diakreditasi.  Pada bulan September tahun 2003, program MM FE UNILA telah  terakreditasi B (nilai 4,2), SK Dirjen Dikti: Nomor : 070/BAN-PT/Ak-II/S2/IX/2003, dan pada Tahun 2008 mengajukan re-akreditasi yang akhirnya melalui SK Nomor 017/BAN-PT/Akt-VI/S2/XI/2008, Program MM Unila dinyatakan terakreditasi A selanjutnya pada tahun 2014 Program MM Unila re-akreditasi dan memperoleh Akreditasi “A”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>